Selamat datang di blog saya

Cara Menghilangkan Jerawat Alami dan Efekti

Cara menghilangkan jerawat sebenarnya gampang-gampang susah. Gampang, karena banyak sekali tips dan saran yang kita dapatkan baik itu dari teman atau internet. Di majalah-majalah kesehatan juga banyak yang menulis tentang cara menghilangkan jerawat secara alami beserta bekasnya sekalian. Akan tetapi, pada kenyataannya banyak yang merasa kesulitan untuk menerapkannya karena beberapa faktor, salah satunya karena kurang telaten.

Untuk itulah anda perlu untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu jerawat dan apa penyebab jerawat bisa muncul, sehingga bisa melakukan perawatn yang lebih intensif dan telaten.

Apa itu jerawat?
Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat bisa saja terjadi di area wajah, leher, lengan maupun punggung. Hampir semua orang pernah mengalami jerawat di perjalanan hidupnya.


cara menghilangkan jerawat

Apa penyebab jerawat bisa muncul ?
Banyak faktor yang menimbulkan munculnya jerawat, diantaranya adalah :

- Memang benar bahwa kulit yang kotor bisa memicu jerawat, akan tetapi bisa juga diakibatkan oleh faktor dalam tubuh. Hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri adalah penyebab jerawat yang paling umum.

- Penyumbatan pori akibat pemakaian kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation

- Gaya hidup stress dan kurang tidur malam hari bisa memicu produksi hormon tertentu yang keluar saat seseorang stres, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat

Itulah beberapa penyebab munculnya jerawat di wajah, leher, lengan ataupun punggung kita. Selanjutnya untuk mengatasinya tentu saja tak bisa dengan mnegoleskan obat tertentu saja ke bagian kulit yang terkena jerawat. Cara menghilangkan jerawat harus dilakukan dari dalam dan dari luar tubuh.

Cara menghilangkan jerawat dari dalam :

1. perbanyak minum air putih sesuai anjuran dokter
2. makan makanan sehat seperti buah dan sayuran
3. istirahat yang cukup di malam hari dan hindari stress untuk menekan produksi kortisol yang secara tidak langsung bisa memicu timbulnya jerawat
4. minum obat jerawat sesuai resep dari dokter
5. hindari mengonsumsi yang mengandung kafein seperti teh, coklat, kopi serta makanan berminyak

Cara menghilangkan jerawat dari luar :

1. melakukan perawatan menggunakan bahan-bahan alami misalnya lidah buaya, ambil lidah buaya bersihkan dan kupas kulitnya. AMbil gel lidah buaya dan ratakan ke wajah lalu biarkan beberapa menit sampai mengering. Setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut bersih dengan cara ditepuk-tepuk.

Sebenarnya masih banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami. Mungkin akan saya bahas pada artikel mendatang.

Cara mencegah jerawat muncul :

1. rajin berolahraga
2. minum air secukupnya sesuai anjuran dokter, tak perlu berlebihan
3. makan sayur dan buah untuk melancarkan BAB
4. cukup istirahat dan menjauhi stress
5. rutin mencuci handuk, bantal dan sprei biar selalu bersih
6. jangan memencet jerawat karena nanti bisa bertambah parah dan menyebar
7. hindari makan yang berkafein, berminay, serta sugary food
8. cuci muka 2 hari sekali dengan sabun pencuci muka untuk mengurangi kelebihan minyak
9. facial wajah rutin 2 minggu atau sebulan sekali

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat yang bisa anda coba serta anda sudah mengetahu apa penyebab jerawat sehingga proses penyembuhan bisa optimal

0 komentar:

Post a Comment