Selamat datang di blog saya

Mempermasalahkan Niat

sekali lagi niat
yang takperlu diperdebatkan
namun marilah berbagi kiat
yang bukan mencari pembenaran

Mengapa niat harus dipermasalahkan? Dan niat pun bukanlah masalah. Akan tetapi berbicara tentang niat bisa jadi menarik. Oleh karena itu, marilah duduk-duduk sejenak bersama sosok itu di sini. Sambil lesehan juga boleh, apalagi banyak tersedia penganan yang siap disantap di sekeliling kita. Bayar masing-masing ya…. Oh iya, yang di sebelah kanan mohon agak maju sedikit. Kebetulan di situ agak lowong, kan, kasihan yang baru datang tidak kebagian tempat duduk. Terima kasih.
Alkisah ada dua orang yang akan menunaikan shalat di masjid. Takada yang istimewa dari keduanya karena masing-masing menjalankan ritual seperti apa adanya. Sudah sesuai dengan rukun-rukunnya, bahkan keduanya terlihat lebih khusyuk dibanding yang lain. Akan tetapi ketika mayoritas jamaah meninggalkan masjid, salah seorang diantaranya pun turut serta. Dari obrolannya dengan jamaah lain, tampak terlihat kalau orang tersebut begitu jago tentang ilmu agama dan dia menceritakan kedahsyatannya dalam beribadah. Sementara satu orang lainnya masih tinggal di masjid, menjalankan wirid dengan penuh khusyuk tanpa peduli ada jamaah yang lain atau tidak.

Di lain tempat, dua pesepeda pun melaju pada jalan berbeda. Mereka sedang menuju tempat yang sama, yaitu acara funbike. Pesepeda yang pertama begitu menyukai kegiatan funbike. Dia bersepeda ketika ada kegiatan funbike. Takjarang, dua atau bahkan lebih tiket dibelinya demi mendambakan doorprize yang menarik perhatian. Dan acara yang paling ditunggu adalah penarikan doorprize, bukan bersepedanya sehingga pernah pada berbeda kesempatan dia mengendarai kendaraan bermotor dengan kaos funbike. Sedangkan pesepeda yang satunya adalah lebih senang dengan kegiatan bersepeda. Itulah yang terpenting sehingga dia pun jarang menyelesaikan acara sampai selesai. Acara doorprize dilewatkan dan lebih senang berkumpul bersama kawan-kawan pesepedanya.
Dari dua kasus di atas, adakah pihak yang salah? Tidak ada. Tidak ada yang patut disalahkan karena itulah hak mereka. Begitupun tidak perlu ada pihak yang benar. Masing-masing telah menempuh jalan yang menurutnya terbaik. Shalat berjamaah itu baik (bahkan wajib bagi laki-laki), apapun niatnya. Begitupula dengan kegiatan bersepeda itu juga baik (bagi kesehatan maupun lingkungan), apapun niatnya. Hanya saja, perbedaan niat jelas akan menghasilkan sesuatu yang berbeda. Hulu yang berbeda akan menghasilkan hilir yang berbeda pula. Inilah poin pentingnya.
Jadi, bagaimana dengan niat Anda? Silakan mengacungkan tangan bagi yang ingin berbagi sambil tangan lain mohon untuk menutup ketiak yang terbuka, terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment