Selamat datang di blog saya

Apakah Anda Mau Nrimo Ing Pandum ?

Nrimo ing pandum salah satu pepetah jawa yang memiliki makna menerima segala pemberian. Pepatah ini memiliki syarat makna yang bagus jika di aplikasikan secara cerdas. Kenapa harus secara cerdas? Karena kalau tidak dengan cara cerdas, makna nrimo ing pandum ini akan menjadi sempit. Hal inilah yang sering dijadikan dalih oleh para pemalas dalam mensikapi keadaan yang menimpa dirinya.
Saya sering kali mendengar seseorang berkata “Hidup itu gak usah ngoyo, kalau dalam bahasa Indonesia hidup itu tidak usah berusaha keras. Intinya hidup itu di jalani aja apa adanya. Semua yang terjadi sudah di gariskan, jadi terima sajalah apa yang diberi atau nrimo ing pandum. Kalau memang kita dikasih sedikit terima, kalau di kasih banyak ya di syukuri.
Ungkapan tersebut memang benar, tapi kalau yang dikasih tidak sesuai keinginan apakah kita bisa menerima? Kalau saya pribadi tidak terima. Kenapa saya tidak terima? Karena Tuhan itu memerintahkan kita untuk berusaha. Jadi kalau apa yang diberikan Tuhan belum sesuai dengan keinginan saya, saya akan terus berdoa dan berusaha supaya apa yang saya inginkan diberikan oleh Tuhan.
Saya sering bertanya kapada diri sendiri, ketika ada orang yang menggunakan kata nrimo ing pandum secara sembarangan. Kalau memang benar mereka menerima apa yang diberikan, kenapa mereka banyak yang mengeluh, banyak yang kecewa bahkan tidak jarang ada yang nekat dengan jalan yang tidak benar. Apakah ini wujud dari bentuk nrimo ing pandum.
Saya rasa tidak ada manusia yang suka menjadi orang miskin dan orang gagal. Kalaupun ada itulah orang-orang yang menerima keadaan itu dengan pikiran sempit. Mereka berpikir miskin dan gagal itu adalah Takdir, tapi mereka salah. Itu bukan takdir, tapi itu nasib yang telah mereka ciptakan sendiri. Tidak ada yang salah manusia dilahirkan dalam keadaan miskin, yang salah jika sampai mati mereka tetap miskin.
Dari berbagai keterangan di atas jelas bahwa nrimo ing pandum itu perlu, tapi setelah kita melakukan semua usaha secara maksimal. Nrimo ing pandum ini punya makna yang sangat luas dan untuk mencerna makna tersebut kita harus cerdas.

0 komentar:

Post a Comment