Selamat datang di blog saya

Miskin Bukan Halangan Untuk Maju

Tidak satupun orang yang suka dan menginginkan kemiskinan. Tapi jika kita terlahir dalam keadaan miskin apakah kita akan menyalahkan Tuhan? Saya rasa hanya orang bodoh yang punya pemikiran semacam itu. Kemiskinan juga sering kali di jadikan alasan penghambant kemajuan hidup seseorang. Mereka mengatakan “Andai saja saya anak orang kaya? Andai saja saya bisa masuk sekolah itu? Atau anda saja saya punya modal banyak? Dan masih banyak lagi ungkapan-ungkapan yang lain.

Miskin bukanlah diri kita atau potensi yang kita miliki, tapi miskin hanyalah salah satu keadaan yang mengiringi kehiduan kita. Dengan kata lain miskin bisa di rubah, tergantung bagaiamana kita berusaha merubah kemiskinan tersebut. Dengan kita berpikir dan meratapi nasib karena jadi orang miskin, justru itulah hal yang akan mengarahkan kita dalam kemiskinan yang sesungguhnya.

Saya sering banget bertemu dan mengobrol dengan remaja yang sudah lulus sekolah menengah umum tapi mereka tidak mau bertindak apa-apa, alias menjadi pengangguran. Ada beberapa hal yang sering saya tanyakan. Pertama, Kenapa tidak melanjutkan sekolah? Kedua, kenapa tidak mencari kerja? Tahu gak sebagian besar dari mereka jawab apa? Untuk pertanyaan pertama: Sebagian besar mereka menjawab saya tidak ada biaya untuk sekolah, orang tua saya hanya karyawan kecil, buruh pabrik, petani sederhana dan lain-lain. Untuk pertanyaan kedua: Sebagian besar mereka menjawab cari kerja susah, tidak ada yang mengajak, sekarang banyak pabrik yang meminta jaminan dan bingung mau kerja apa.

Selain dengan remaja yang menganggur, saya juga sering ngobrol dengan teman-temam yang tidak punya pendidikan tinggi yang hanya bekerja sebagai kuli kasar. Satu pertanyaan yang sering saya ajukan? Kenapa tidak mencoba membuat usaha sendiri? Ini yang sebagian mereka katakan “ mau usaha apa, sekarang usaha butuh modal uang banyak, dari mana cari modal, kalau gagal nanti bagaimana?

Dari ungkapan-ungkapan di atas saya menyimpulkan salah satu alasan mereka tidak berani berubah dan maju adalah kemiskinan. Kebanyakan dari mereka berpikir bahwa untuk bisa maju dan sukses harus memiliki modal atau uang yang cukup. Bagi mereka mungkin alasan mereka adalah benar, tapi bagi saya pribadi alasan mereka tidak rasional. Kenapa saya mengatakan demikian, karena banyak orang yang awalnya miskin sekali, sekarang menjadi sukses dan kaya.

Hal itu menunjukkan bahwa miskin itu hanyalaah keadaan, yang sewaktu-waktu bisa berubah. Siapa yang merubah? Tentunya adalah diri kit sendiri. Di mulai dari cara pendang dan bepikir yang benar, maka seseorang akan mendapatkan jalan terang bagaimana memulai sebuah perubahan. Satu catatan penting yang harus selalu kita ingat, kalau anda hidup dalam keadaan miskin, jangan sampai pikiran dan jiwa anda ikut miskin karena hal itu akan membuat anda semakin miskin. Tapi sebuah harapaan baru akan selalu ada jika ada mulai memperkaya diri dengan ilmu untuk mecapai kemajuan. Ilmu bisa di dapat dari mana saja bisa dari perjalanan hidup anda sendiri, darin pengalaman orang lain, dari buku, majalah, koran dll.

Semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment