Selamat datang di blog saya

Puasa


Puasa menurut bahasa adalah menahan. Menurut syariat islam puasa adalah suatu bentuk aktifitas ibadah kepada Allah SWT dengan cara menahan diri dari makan, minum, hawa nafsu, dan hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa sejak terbit matahari / fajar / subuh hingga matahari terbenam / maghrib dengan berniat terlebih dahulu sebelumnya. Adapun dalil tentang puasa yaitu :  “Hai orang2 yang beriman, diwajibkan bagimu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan pada orang2 sebelum kamu. Mudah2an kamu bertakwa” (Al Baqarah:183) Macam-macam puasa :
A. PUASA FARDHU Puasa fardhu adalah puasa yang harus dilaksanakan berdasarkan ketentuan syariat Islam. Yang termasuk ke dalam puasa fardhu antara lain: * Puasa bulan Ramadhan * Puasa Kafarat * Puasa Nazar
B. PUASA SUNNAT Puasa sunnat (nafal) adalah puasa yang apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.

Adapun puasa sunnat itu antara lain : * Puasa 6 (enam) hari di bulan Syawal * Puasa Tengah bulan (13, 14, 15) dari tiap-tiap bulan Qomariyah * Puasa hari Senin dan hari Kamis * Puasa hari Arafah (Tanggal 9 Dzulhijjah atau Haji) * Puasa tanggal 9 dan 10 bulan Muharam. * Puasa nabi Daud as. (satu hari bepuasa satu hari berbuka) * Puasa bulan Rajab, Sya’ban dan pada bulan-bulan suci
C. PUASA MAKRUH Menurut fiqih 4 (empat) mazhab, puasa makruh itu antara lain : Puasa sehari atau dua hari sebelum bulan Ramadhan * Puasa sehari atau dua hari sebelum bulan Ramadhan * Puasa pada hari syak (meragukan)
D. PUASA HARAM Puasa haram adalah puasa yang dilarang dalam agama Islam. Puasa yang diharamkan. Puasa-puasa tersebut antara lain: * Puasa pada dua hari raya * Puasa seorang wanita dengan tanpa izin suami Syarat Wajib Puasa : * · Islam * · Aqil dan Baligh (berakal dan melewati masa pubertas) * · Mampu dan Menetap Syarat Sah Puasa : * Islam * Berakal * Suci dari haid dan nifas sepanjang hari * Dilaksanakan pada waktunya Rukun Puasa : * Niat yang sungguh-sungguh untuk berpuasa setiap malam * Meninggalkan hal-hal yang membatalkan puasa Hal-hal yang membatalkan puasa : * Makan minum sengaja di siang hari * Muntah dengan sengaja * Bersetubuh di siang hari * Keluar darah haid atau nifas * Masuknya air kumur ketika wudlu hingga melwati tenggorokan Hikmah Puasa : * Memberikan kesempatan istirahat kepada alat pencernaan * Pada hari-hari ketika tidak sedang berpuasa, alat pencernaan di dalam tubuh bekerja keras, oleh karena itu sudah sepantasnya alat pencernaan diberi istirahat. * membersihkan tubuh dari racun & kotoran (detoksifikasi). Puasa merupakan terapi detoksifikasi yang paling tua. Dengan puasa, berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. * menambah jumlah sel darah putih sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh * menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh * memblokir makanan untuk bakteri, virus, dan sel kanker, * mendorong terjadinya pergantian sel-sel tubuh yang rusak dengan yamng baru (peremajaan)

0 komentar:

Post a Comment