Selamat datang di blog saya

Sapu Jagad

Selamat siang sedulur….
     Tak terasa puasa tahun ini sudah berjalan 10 hari, sudah bolong belum puasanya? Semoga saja tidak ! kali ini saya akan coba mengingatkan kembali tentang harapan kita sebagai manusia, semoga dengan tulisan pendek ini kita tidak salah dalam melangkah ke depan.
Amin
Begini tulisan singkatnya….

     Saya yakin jika setiap manusia saat diberi sebuah pertanyaan seperti ini akan bingung menjawabnya dan pasti berbeda-beda juga jawabannya. Pertanyaanya begini : “Seandainya anda diberi satu permintaan saat ini dan langsung dikabulkan, permintaan apa yang akan anda ajukan ?”….Nah kira-kira apa coba jawaban anda ?
Minta mobil dong !
Minta uang yang buaaaanyakkk !
Minta istri yang cantik !
Minta pekerjaan baru !
Minta diampuni dosa-dosanya !
Minta masuk surga !….
…..
Dan sebagainya.
     Mungkin itulah gambaran beberapa contoh permintaan yang mungkin kebanyakan manusia akan ajukan. Padahal saya yakin dari permintaan itu kita bisa membaca mindset orang tersebut, ada yang focus ke berbagai hal dunia, ada juga yang focus dengan akhirat. Kebanyakan manusia memang cenderung mengajukan permintaan sesuai dengan kondisi dan situasi dalam dirinya. Contohnya seorang pengangguran pasti akan meminta pekerjaan, seorang wanita hamil tentu akan minta selamat dan lancar saat dalam proses persalinan, seseorang yang sakit pasti minta sehat, seseorang yang dalam kondisi sakaratul maut minta umurnya diperpanjang lagi karena dosa-dosanya yang masih banyak, atau seorang jomblo minta seorang pacar biar malem minggunya tidak sepi lagi, masih banyak lagi contoh yang lainnya.
     Kalau dalam islam sebenarnya semua permintaan itu sudah dirangkum dalam sebuah doa, yaitu doa Sapu Jagad kalau seingat saya saat ngaji dulu. Begini bunyinya :
??????????????? ??? ?????????? ???????? ?? ??? ??????????? ???????? ?? ????? ??????? ???????? .
Robbanaa aatinaa fiddunya hasanah wa fil aakhiroti hasanah wa qinaa ‘adzaaban naar
Artinya: “Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka.” (QS. Al-Baqarah: 201).
     Dalam doa itu kalau kita cermati sudah mengandung semua apa yang mungkin menjadi keinginan kebanyakan manusia. Bahagia dunia dan akhirat adalah sebuah tujuan dan keingian setiap manusia di muka bumi ini, tapi ingat untuk mancapainya tak semudah itu, tak mungkin hanya cukup berdoa saja tapi kita perlu usaha dan bertindak, yaitu usaha dan tindakan yang sesuai dengan tuntunan dan apa yang dicontohkan Nabi kita.
Jadi apakah Sedulur sudah berdoa Sapu Jagad setiap selesai sholat ?
Semoga bermanfaat !

0 komentar:

Post a Comment